Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Cek Fisik Sebelum Masuk Sekolah

Category: Tumbuh Kembang

TAK terasa si Kecil sudah bisa ambil bagian dalam sebuah lembaga prasekolah, yang akan semakin mengasah dan meningkatkan potensinya. Tapi tunggu dulu, sudahkan Anda cek sejauh mana kesiapan fisiknya?

Sudah lengkapkah imunisasinya?

Idealnya, mendekati usia prasekolah, si kecil sudah menerima semua imunisasi dasar, seperti BCG, DPT, POLIO juga hepatitis dan MMR. Jika belum segera konsultasikan ke dokter dan lengkapi imunisasinya. Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi penyakit karena interaksi yang terjadi di sekolahnya.

Cek kebutuhan khususnya

  • Bila si Kecil menderita penyakit tertentu yang memerlukan perhatian khusus, misalnya alergi, perhatikan bagaimana perkembangan penyakitnya saat ini.
  • Konsultasikan dengan dokter untuk menemukan cara agar si kecil bisa menikmati kegiatan di sekolahnya dengan nyaman.
  • Beritahukan pihak sekolah dan cari cara bersama, baik untuk menyiasati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan maupun kalau sampai penyakit anak kambuh. Misalnya, disiapkan makanan khusus buat si kecil saat acara makan bersama yang menunya bisa membuat anak alergi.
Periksa giginya

Kunjungi dokter gigi anak, bisa jadi si kecil perlu dirawat agar tak ada masalah gigi yang bisa mengganggu kegiatan si kecil.

Amati kebiasaan makan anak

  • Apakah si kecil termasuk mudah atau sangat pemilih dalam hal makan? Sebelum si kecil masuk sekolah, sebaiknya ia sudah punya kebiasaan makan yang baik.
  • Biasakan anak sarapan untuk energi aktivitasnya di sekolah. Upayakan makanan lengkap gizi.
  • Perhatikan makanan kesukaan anak, kenalkan dengan makanan sarat gizi.
Perhatikan keterampilan motorik anak

Idealny, kini anak sudah menguasai gerak dasar motorik kasar dan halus, seperti merangkak, melompat, berlari, meniti, memanjat, menangkap, melempar, termasuk koordinasi gerak tangan dan jari-jemari mungilnya (menggunakan gunting khusus balita dan krayon). Kalau belum mampu, cobalah latih si kecil agar lebih terampil. Bila perlu, konsultasikan ke dokter serta ahli perkembangan anak.