Mobile Joomla Templates by Best Web Host

10 Kiat Mengajar Bayi Anda Membaca

Category: Tumbuh Kembang
  1. JADIKAN kegiatan belajar membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan. Buatlah suasana gembira agar anak merasa nyaman untuk belajar.
  2. Kalau memungkinkan, carilah tempat yang tenang agar anak bisa konsentrasi dan tidak terganggu oleh suara televisi, atau suara-suara lain yang menarik perhatiannya.
  3. Lakukanlah dalam waktu yang singkat untuk menghindari kebosanan. Segera akhiri pelajaran sebelum anak kehilangan minat.
  4. Ucapkanlah setiap kata yang anda ajarkan dengan suara yang jelas dan lafal yang benar. Jangan katakan "cucu" bila anda hendak mengatakan "susu"
  5. Ingatlah bahwa anda sedang mengajar membaca, bukan mengajar bicara. Tidak perlu menyuruh anak mengucapkan kata-kata yang sedang diajarkan.
  6. Biarkan kemampuannya berkembang secara alami. Kalau sudah ada perbendaharaan kata yang memadai, dia akan bisa merangkai sebuah kalimat. Kalau sudah bisa membaca kalimat, dia mulai siap membaca buku.
  7. Jangan mengetes kemampuannya dengan menanyakan atau menyuruhnya menunjuk pada kartu, kecuali bila anda yakin dia telah menguasainya. Kalau dia belum berhasil menjawab satu atau dua pertanyaan pertama, jangan lanjutkan. Jangan tunjukkan kekecewaan anda dalam bentuk yang paling halus sekalipun agar dia tidak kecewa untuk terus belajar
  8. Bila situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk belajar secara teratur, jangan berkecil hati. Hasilnya masih lebih baik dibandingkan anak yang tidak belajar sama sekali.
  9. Sediakan buku-buku bacaan bergambar dengan kata-kata atau kalimat pendek. Sambil membaca, tunjuklah kata-kata yang ingin anda perkenalkan, atau kata-kata yang pernah dipelajarinya.
  10. Hargai kemauannya belajar dengan memberi pujian atau pelukan untuk memotivasinya.