Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Kiat Memilih Sekolah Yang Tepat

Category: Tumbuh Kembang

SAAT ini, sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan usia dini banyak berdiri bak jamur di musim hujan. Masing-masing berlomba-lomba menawarkan kelebihan yang dimilikinya, ada yang memakai kurikulum lokal dan juga kurikulum campuran. Bahkan, tidak sedikit pula sekolah "impor" yang menawarkan kurikulum internasional. Tetapi untuk memilih prasekolah yang terbaik untuk anak-anak kita tidaklah mudah.

Pendidikan usia dini merupakan langkah yang besar dan penting untuk tumbuh kembang anak Anda. Sebagai orang tua sebaiknya selalu berusaha untuk memilihkan sekolah yang baik dan sesuai dengan dirinya. Sebab, ini akan menentukan tak hanya bagi anak tetapi juga Anda sebagai orang tuanya. Bagi anak, pergi ke sekolah berarti merasakan kemandirian yang sesungguhnya untuk pertama kali. Bahkan, bisa jadi ini pertama kalinya si kecil terpisah dari orang tua atau pengasuhnya selama beberapa saat. Sebagai orang tua, Anda tentu ingin memberikan pendidikan yang terbaik dengan menempatkannya di sekolah yang terbaik pula.

Bagaimana Memilih Sekolah Terbaik?

  • Buatlah sebuah daftar nama sekolah-sekolah yang Anda inginkan untuk mempermudah observasi.
  • Lokasi sekolah. Pilihlah sekolah yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Selain Anda dan si kecil tidak bosan di jalan dan mengalami kelelahan, hal ini juga akan menghemat biaya yang Anda keluarkan untuk transportasi.
  • Tenaga pengajar. Guru prasekolah seharusnya berkualitas baik dan memiliki minat yang besar terhadap kebutuhan anak. Perhatikan pula karakter dan gaya mengajar atau mendidiknya.
  • Program yang ditawarkan. Anak-anak membutuhkan lingkungan yang rileks dan longgar. Program sekolah yang baik menurutĀ  seorang konsultan prasekolah Dr. Jennifer Hardacre, sebaiknya memberikan banyak waktu untuk setiap anak untuk mendorong minatnya. Misalnya, Anda melihat kegiatan yang melibatkan anak pada pagi hari.
  • Perputaran tenaga pengajar. Tingginya tingkat pergantian guru bisa menunjukkan pola pengelolaan dan sikap manajemen. Ketidaknyamanan guru bisa jadi akan mempengaruhi kegiatan belajar-mengajar.
  • Fasilitas. Perhatikan apakah sekolah tersebut memilki fasilitas lengkap yang dibutuhkan si kecil.
  • Rasio guru dan murid. Semakin kecil rasionya, anak-anak akan mendapat perhatian yang cukup dari guru sehingga kebutuhannya lebih mudah di mengerti dan dipahami.
  • Dana. Biaya pendidikan anak tidak sama di setiap sekolah. Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.
  • Cari referensi. Jangan ragu dan malu untuk bertanya kepada orang lain tentang situasi dan kondisi sekolah tempat anaknya bersekolah.
  • Bicarakan dengan anak. Hal ini sering dilupakan orang tua. Perhatikan reaksi anak ketika Anda berbicara tentang sekolah. Pilihlah prasekolah yang sesuai dengan karakter anak.