Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Mengajarkan Bayi Tidur Teratur

Category: Tumbuh Kembang

tidur bayiTIDUR merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi perkembangan bayi, sekaligus menjadi sebuah masalah yang paling sering dihadapi oleh orangtua. Salah satu manfaat tidur bagi bayi adalah untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak agar menjadi anak yang cerdas, berakal, dan berpikiran jernih. Sebabnya, sekitar 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan pada saat bayi tidur, khususnya awal tahap ke-3 dan ke-4 tidur. Tingginya kadar hormon pertumbuhan ini erat hubungannya dengan kondisi fisik bayi karena hormon ini punya tugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh, termasuk juga otak bayi.

Di samping itu, hormon pertumbuhan juga memungkinkan tubuh bayi memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel yang ada di tubuh. Mulai dari sel kulit, sel darah sampai sel saraf otak. Nah, proses pembaharuan sel ini akan berlangsung lebih cepat lagi ketika bayi terlelap daripada saat bayi bangun. Selama tidur, aliran darah ke otak juga meningkat selama tahap tidur REM (Rapid Eye Movement) atau tahap tidur aktif. Hal ini berperan penting dalam kesehatan psikis bayi dan aktivitas otak bayi, sehingga memungkinkan optimalnya tumbuh kembang otak bayi. Bahkan, menurut teori autostimulation, tingginya komponen tidur REM pada bayi menunjukkan stimulasi yang terjadi di otak juga berlangsung lebih maksimal. Stimulasi ini tentulah amat penting bagi pertumbuhan sistem susunan saraf pusat bayi.

Mengingat pentingnya manfaat tidur bagi tumbuh kembang bayi, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengajarkan bayi kita tidur secara teratur:

  1. Perhatikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa bayi anda mulai lelah dan mengantuk, seperti mengusap matanya, matanya mulai sayu, dll.
  2. Letakkan bayi anda di tempat tidurnya sebelum dia tertidur. Hal ini akan melatihnya untuk tidur sendiri tanpa bantuan orang lain seperti harus digendong, dsb.
  3. Untuk mengajarkan bayi anda membedakan waktu siang dan malam, ajaklah dia bermain pada saat dia tidak tidur di siang hari, buatlah supaya ruangan menjadi terang, dan biarkan suara-suara TV, tape, dan sejenisnya tetap seperti biasanya. Pada malam hari, jangan ajak bayi anda bermain, kecilkan suara TV, dll., redupkan nyala lampu. Dengan hal-hal seperti ini bayi anda akan menjadi tahu bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur.
  4. Jika usia bayi semakin bertambah, sejak bayi anda menginjak usia 3 bulanpun, anda sudah bisa menetapkan waktu tidur malam dan tidur siang. Anda harus tegas dan konsisten untuk menidurkan bayi anda pada jam yang telah anda tetapkan tersebut. Mungkin bayi anda kelihatan belum mengantuk, atau bahkan kelihatan lebih enerjik, tetapi para ahli mengatakan justru hal tersebut merupakan tanda bahwa itu adalah waktu untuk menidurkan bayi anda.
  5. Buatlah rutinitas kegiatan sebelum tidur, misalnya, bermain sesuatu yang tidak gaduh/ribut, mengganti bajunya yang khusus untuk tidur, membacakan buku cerita, menyanyikannya lagu, kemudian memberikan ucapan dan ciuman selamat tidur. Jika anda melakukan rutinitas ini secara terus menerus dan teratur, maka bayi anda akan tahu, kapan dia harus tidur.
  6. Bangunkan bayi anda pada waktu yang sama setiap hari, atau jika dia sudah tidur lebih dari 10 jam. Hal ini akan mempermudah bayi anda untuk tidur siang pada waktu yang telah anda tentukan.