Mobile Joomla Templates by Best Web Host

8 Teknik Menangani Anak Yang Suka Gaduh dan Berebut

Category: Tumbuh Kembang

anak ributMEMILIKI anak-anak sudah pasti tidak terlepas dari masalah keributan atau kegaduhan yang muncul diantara mereka ketika misalnya mereka berebut mainan. Sikap kita yang bijak dalam menanganinya sangat diperlukan agar anak-anak belajar menyelesaikan masalah dan mencontoh sikap kita dalam menghadapi perselisihan. Sikap tidak adil, cenderung memarahi dan menyudutkan anak bisa membuat anak tertekan sehingga memunculkan sikap melawan balik kepada orang tua. Berikut tips-tips yang bisa ayah dan ibu terapkan dalam menghadapi keributan dan kegaduhan anak-anak.

1. Biarkan Saja
Selagi tidak berlaku kekasaran, ibu dan ayah hanya perlu untuk memperhatikannya. Lihat dari jauh bagaimana anak-anak menyelesaikan masalah diantara mereka.

2. Bersikap Adil
Ibu dan Ayah harus bersikap adil dan tidak memihak. Tidak melebihkan anak yang satu terhadap anak yang lain, sehingga anak tidak merasa kedua orang tuanya telah berlaku tidak adil

3. Tidak Meninggikan Suara
Jika keributan dan kegaduhan sudah tidak bisa dikontrol lagi, segera alihkan perhatian anak-anak dari perkara yang sedang mereka perselisihkan. Jauhkan diri dari sikap memarahi dan berteriak karena akan membuat anak tertekan yang bisa membangkitkan egonya yang justru mereka akan berbalik melawan kita.

4. Berikan Solusi
Misalnya jika anak memperebutkan mainan mobil remote, beritahu solusi terbaik untuk mereka, seperti meminta mereka bergantian memainkannya masing-masing selama 5 menit. Cara ini akan membuat anak belajar tentang keadilan dan membantu mereka menyelesaikan masalah yang lain.

5. Sabar dan Tenang
Segaduh apapun situasinya, usahakan untuk tetap sabar dan tenang. Sikap kita akan selalu menjadi contoh bagi anak-anak.

6. Berikan Pujian
Jika anak memiliki inisiatif yang baik dalam menyelesaikan masalah diantara mereka, maka berikanlah pujian kepada mereka.

7. Tunjukan Empati
Jika anak mengadukan masalahnya maka tunjukanlah sikap empati kepadanya dan jangan pernah mengajarkan kepadanya balas dendam melainkan ajarkanlah tentang kasih sayang, kesabaran dan pemberian maaf.

8. Tidak Menuduh atau Menyalahkan
Tahanlah diri kita dari sikap menuduh, memarahi ataupun menyalahkan mereka. Sikap ini justru akan menjatuhkan harga diri anak. Terangkan saja aturan yang benar dan berlaku secara umum, bukan spesifik berlaku bagi anak yang berbuat salah. Tegur kesalahannya bukan dirinya.